6 HUKUM TIDAK MEMBAYAR HUTANG DALAM ISLAM

 6 HUKUM TIDAK MEMBAYAR HUTANG DALAM ISLAM

Hutang dalam Islam - Dalam agama Islam, setiap orang diperbolehkan berhutang meski tidak disarankan. Berhutang dalam Islam hanya diperbolehkan untuk tujuan baik, tetapi tidak diperbolehkan untuk tujuan yang tidak halal dan dilarang oleh Allah Swt. ataupun yang memiliki pengaruh buruk pada diri sendiri maupun masyarakat.
Dalam ajaran Islam, mengajarkan bahwa siapapun yang memiliki hutang wajib membayarnya sebelum jatuh tempo berakhir. Bahkan, di beberapa hadist dan riwayat dijelaskan mengenai hukum bagi yang tidak membayar hutangnya. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki hutang ada baiknya Anda mengetahui apa saja hukum tidak membayar hutang dalam Islam agar Anda terbebas dari ganjalan hutang ini.

1.Tidak membayar hutang adalah dosa
Hukum tidak membayar hutang dalam Islam yang pertama adalah dosa. Hal ini disebabkan karena hutang adalah janji atau akad yang wajib dipenuhi. Jadi, jika Anda tidak membayar hutang maka sama artinya Anda sudah melanggar akad atau janji tersebut sehingga membuat Anda telah berbuat dosa karena akhlak Anda telah rusak akibat telh berdusta tidak menepati janji.
“Sesungguhnya seseorang apabila berhutang, maka dia sering berkata lantas berdusta, dan berjanji lantas memungkiri.” (H. R. Al-Bukhari).

2.Dosa orang berhutang tidak akan diampuni
Orang tidak membayar hutang sudah berbuat dosa. Bahkan, orang yang mati syahid sekalipun akan tetap berdosa jika ia tidak membayar hutangnya. Hal ini juga termasuk hukum tidak membayar hutang dalam Islam.
“Semua dosa orang yang mati syahid Akan diampuni (oleh Allah), kecuali hutangnya.” (H. R. Muslim).

3.Hutang yang tidak dibayar akan diganti dengan kebaikannya
Hukum tidak membayar hutang dalam Islam yang selanjutnya adalah pahala Anda akan berkurang untuk menggantikan hutang Anda ang belum dibayarkan.
“Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah).

4.Memiliki niat tidak membayar hutang, Anda seorang pencuri!
Anda akan menjadi seorang pencuri jika memiliki niat buruk untuk tidak membayar hutang Anda. Dan, Allah Swt. akan menghukum Anda sebagais eorang pencuri. Hal ini merupakan hukum tidak membayar hutang dalam Islam.
“Siapa saja yang berhutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah)

5.Tertunda masuk surga
Tertunda atau terhambat masuk surga merupakan salah satu hukum tidak membayar hutang dalam Islam. Hal ini seperti yang telah dikatakan oleh Rasulullah Saw.
“Barangsiapa yang rohnya berpisah dari jasadnya (baca: meninggal dunia) dalam keadaan terbebas dari tiga hal, niscaya ia akan masuk surga, yaitu: bebas dari sombong, bebas dari khianat, dan bebas dari tanggungan hutang.”

6.Allah swt. akan menghancurkan orang yang memiliki niat tidak membayar hutangnya
Allah Swt. membenci orang yang telah merampas hak atau harta orang lain dengan berniat tidak membayar hutangnya. Allah Swt. akan menghancurkan orang yang berniat buruk seperti ini. Dan, hal ini juga termasuk hukum tidak membayar hutang dalam Islam.
“Barangsiapa yang mengambil harta manusia, dengan niat ingin menghancurkannya, maka Allah juga akan menghancurkan dirinya.” (HR. Bukhari)

Demikian beberapa hukum tidak membayar hutang dalam Islam. Dengan mengetahui adanya hukum Islam mengenai hutang ini, sebaiknya Anda segera menyelesaikan hutang Anda dengan baik. Jika Anda saat ini mengalami kesulitan untuk membayar hutang, jangan cemas. Tingkatkan amal ibadah Anda hanya kepada Allah Swt. sajalah, niscaya semua hutang Anda akan segera terlunasi. Upayakan usaha Anda dalam membayar hutang tersebut dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi yang akan membantu Anda dalam meningkatkan stamina tubuh dan membuka energi positif dari dalam diri sehingga Anda akan semakin mudah dalam mencari rezeki dengan izin Allah Swt. Dengan begitu, semua hutang Anda akan segera lunas hingga tuntas dan hidup Anda pun akan kembali tenang dan bahagia.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :



Tidak ada komentar: