7 RAHASIA SUKSES USAHA MAKANAN

7 RAHASIA SUKSES USAHA MAKANAN,Bioenergi, Bioenergi center Bandung, cara kaya


Rahasia sukses – Anda hobi memasak atau makan? Tahukah Anda jika hobi Anda tersebut dapat mendatangkan banyak uang? Caranya, dengan melakukan bisnis di bidang makanan atau kuliner. Ya, berbisnis makanan menjadi salah satu cara mencapai kesuksesan bisnis yang telah dilakukan banyak orang. Bagi Anda yang ingin meraih sukses di bidang usaha makanan, sebaiknya Anda mengetahui beberapa rahasia sukses usaha di bidang kuliner berikut ini.

1.Hobi di dunia kuliner
Rahasia sukses usaha makanan yang pertama adalah Anda harus memiliki hobi atau menyukai dunia kuliner. Hal ini menjadi modal utama yang digunakan untuk mengembangkan usaha tersebut. Misal, Anda hibi memasak dapat dimanfaatkan untuk mengolah masakan yang akan Anda jual. Atau, hobi makan Anda setidaknya dapat dimanfaatkan untuk menciptakan masakan dengan citarasa nikmat.

2. Mengikuti perkembangan naik turunnya harga bahan makanan
Mengetahui harga bahan makanan menjadi rahasia sukses usaha di bidang makanan untuk mengatur manajemen keuangan bisnis. Untuk itu, Anda perlu mengetahui harga kebutuhan pokok yang digunakan untuk mengolah masakan yang akan Anda jual. Selain itu, Anda juga wajib mengetahui kapan saja harga bahan makanan bisa naik untuk memastikan Anda tidak berbelanja bahan makanan di saat harga sedang melonjak.

3. Pilih peran majaer atau koki
Meski Anda hobi memasak, Anda tidak boleh menggandakan peran Anda juga menjadi manajer. Sebaliknya, jika Anda sudah menjadi manajer maka Anda tidak boleh berperan juga sebagai koki yang mengolah langsung makanan yang akan Anda jual. Jika Anda berperan ganda menjadi koki sekaligus makajer maka dikhawatirkan Anda tidak bisa fokus dalam mengembangkan bisnis Anda tersebut. Fokus pada satu peran ini juga menjadi rahasia sukses usaha kuliner yang perlu Anda perhatikan.

4. Tingkatkan kualitas rasa
Maju tidaknya bisnis kuliner sangat tergantung pad akualitas rasa dan hal ini juga termasuk menjadi rahasia sukses usaha makanan. Karena itu, upayakan untuk menyajikan makanan dengan kualitas rasa prima, penyajian makanan yang menarik, dan pengolahan yang bersih. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pelanggan setia jika rasa masakan Anda sudah cocok pada lidah mereka.

5. Pilih tempat jualan yang cocok
Jika Anda berjualan makanan secara offline maka Anda perlu memilih tempat yang strategis dan selalu ramai dikunjungi banyak orang. Memilih lokasi jualan ini juga menjadi salah satu rahasia sukses usaha kuliner. Anda bisa memilih lokasi jualan yang dekat dengan pusat layanan publik, seperti perkantoran, sekolah, rumah sakit, terminal, taman rekreasi, dan sebagainya.

6.Tentukan harga yang bersaing
Rahasia sukses usaha kuliner yang berikutnya adalah dengan menentukan harga yang tepat. Jangan sampai harga yang Anda berikan terlalu mahal dengan kualitas rasa yang biasa saja karena membuat konsumen tidak akan membeli makanan lagi di tempat Anda. Namun, Anda perlu mengupayakan untuk bisa memberikan harga yang bersaing dengan kualitas rasa yang prima dan dijamin banyak orang akan menjadi pelanggan tetap Anda.

7. Lakukan pemasaran dan promosi menarik
Bisnis makanan memang banyak saingannya. Untuk itu, Anda perlu melakukan strategi promosi yang menarik sebagai salah satu rahasia sukses usaha. Anda bisa melakukan iklan di media offline maupun online dengan menyajikan foto-foto masakan Anda secara menarik, membagikan voucher makan gratis, memberikan bonus pembelian dengan jumlah tertentu, membuka layanan pemesanan online dan siap antar, dan sebagainya.

Demikian beberapa rahasia sukses usaha makanan yang dapat Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua rahasia di  atas, namun bisnis makanan yang Anda kelola masih saja stagnan, bahkan cenderung merugi maka Anda perlu melakukan cara lain agar bisnis kuliner Anda makin maju dan berkembang, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center. Pelatihan ini akan membantu meningkatkan bisnis kuliner Anda makin sukses secara halal, mudah dan efektif.  

Tidak ada komentar: